Pintu Pagar

Ketika mau masuk ke dalam rumah, bagian paling depan yang pertama terlihat yaitu pagar. Baru setelah itu melewati halaman, kemudian dilanjutkan masuk ke dalam ruang. Oleh sebab itu pagar bisa dikatakan sebagai komponen yang paling sering dilihat dan menjadi perhatian selain dinding depan atau fasad.

Saat ini bahan yang dipakai untuk membuat pagar makin bervariasi. Jika pada jaman dulu pagar sering berupa tanaman hidup atau kayu dan dinding tembok, tapi sekarang sudah banyak pagar yang dibuat dari logam besi. Perkembangan ini tidak hanya terjadi di daerah perkotaan saja tapi sudah sampai di desa-desa. Banyak alasan yang dikemukakan mengapa sekarang makin banyak anggota masyarakat yang lebih tertarik dan suka memilih pagar besi dibanding dengan jenis pagar yang lain.

Yang jelas pagar ini memang punya banyak kelebihan, terutama pada daya tahan serta usia atau keawetannya. Jika memakai dari kayu atau bambu, pagar lebih mudah lapuk dan keropos apabila sering terkena siraman air hujan dan sinar matahari yang menyengat. Bila berbentuk dinding dari tembok, tampilannya sering memunculkan kesan yang kaku karena desainnya agar sulit dibentuk dan kurang variatif. Sangat berbeda dengan pagar besi yang terjamin mutu dan keawetannya.

Selain dipakai di luar ruang atau eksterior konsep desain dari pagar besi juga bisa diaplikasikan di ruang dalam atau interior misalnya tangga untuk naik ke lantai atas, teralis jendela serta pintu bahkan element yang lain. Hal ini membuat tampilannya bisa menghadirkan kesan dan nuansa yang lebih selarang. Bandingkan bila kita membuat pagar dari tanaman hidup. Meski pagar ini juga punya beberapa kelebihan namun konsep penyelarasan ini tidak mungkin bisa diaplikasikan.

Dilihat dari sisi keamanan, pagar besi bisa lebih diandalkan. Jika ada orang yang punya maksud tidak baik pasti akan menemui banyak kesulitan karena pagar ini sulit untuk ditembuk dan tidak mudah dibongkar seperti pagar kayu. Karena itu penghuni akan merasa lebih aman dan nyaman.

Pagar besi juga mudah dibuatkan desain sesuai selera maupun keinginan dan diselaraskan konsep dan gaya arsitektur bangunan. Dan apapun konsep desain yang diterapkan, pagar dari bahan besi selalu memunculkan kesan yang sama yaitu mewah, megah, gagah dan elegan, kokoh dan kuat.

Dan selain punya pilihan desain yang banyak, pagar besi juga banyak tersedia dipasaran. Hal ini membuat kita punya pilihan yang lebih banyak, terutama jika ingin membandingkan harga antara produsan yang satu dengan produsen yang lain sehingga bisa mendapat harga yang makin murah dan biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih irit.

Kelebihan lainnya, merawat pagar besi lebih mudah dibanding dengan merawat pagar dari bahan yang lain kecuali pagar tembok. Permasalahan yang paling sering muncul dari pagar besi adalah munculnya karat terutama pada bagian sambungannya. Namun permasalahan ini juga bisa diatasi dengan mudah. Yang pertama bersihkan karat dengan cara diampelas hingga bersih dan tidak ada noda karat yang masih menempel. Setelah diberi lapisan anti karat lalu dilanjutkan dengan proses pengerjaan yang lain yaitu pengecatan.

Lebih bagus lagi bila cat yang digunakan tersebut juga mengandung bahan anti karat. Jadi pagar besi punya dua sistem perlindungan sekaligus. Dengan cara seperti ini maka daya tahannya bisa makin lama. Jika mau pagar dari besi yang tidak bisa terkena serangan karat bisa memilih yang jenisnya stainless. Bahan ini sangat cocok diterapkan pada bangunan rumah yang memakai gaya minimalis dan modern.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: